Friday 20 November 2015

Honda Mobilio Jadi Taksi... Kenapa?

Taksi Honda Mobilio CR Angga
Taksi Honda Mobilio
Salam blogger, Honda Mobilio Jadi Taksi... Kenapa? - Berawal dari pergi ke jakarta pusat dengan menggunakan sepeda motor, ditengah perjalanan saya sedikit bingung, karena liat taksi tetapi tidak ada bagasi belakangnya. saya dekati perlahan-lahan, ternyata Taksinya memakai mobil Honda Mobilio, Whatttss sekarang Taksi BlueBird armada terbaru nya menggunakan honda mobilio. Apa yang di bilang teman saya beneran. kalau sekarang honda mobilio sudah di gunakan sebagai kendaraan taksi. Selidik punya selidik, pihak blue bird sengaja menggandeng honda mobilio karena ingin menghemat pajak. kalau mobil jenis sedan pajaknya lumayan tinggi, berbeda dengan mobil jenis MPV seperti mobilio tipe E dan S.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun sudah merevisi aturan soal mobil taksi yang selama ini harus sedan. Sekarang sudah boleh kendaraan mobil "MPV" menjadi sebuah angkutan umum seperti taksi. Untuk tarifnya sama dengan taksi Sedan yaitu Rp 7.500 buka pintu (flagfall) dan setiap satu kilometer Rp 4.000. Taksi Blue Bird jenis MPV ini baru diluncurkan sebanyak 100 unit. Satu taksi MPV bisa memuat lima hingga tujuh orang. Rencananya akan ada 300 unit lagi taksi dengan mobil MPV sampai akhir 2015. Jonfis Fandy Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM, menyatakan bahwa sampai saat ini pihaknya hanya sebagai produsen dan tidak bisa berbuat apa-apa. karena tidak adanya larangan menjual unit mobil untuk dijadikan taksi atau sebagai transportasi umum.

Mengapa PT Blue Bird lebih memilih Honda Mobilio untuk dijadikan Taksi sebagai armadanya ?
Andre Djokosoetono selaku Deputy Direktur PT Blue Bird TBK berkomentar dengan memakai armada baru honda mobilio ternyata bisa hemat miliaran rupiah dalam setahun, Adapun alasan lainnya bisa disimak sebagai berikut:
  1. Lebih Aman
  2. Dalam armada taksi mobilio tidak ada yang dikurangi fasilitasnya dengan mobilio lainnya. karena masih terdapat:
    • Airbag: yang berfungsi sebagai perlindungan apabila terjadi benturan keras terhadap kendaraan.
    • Electric Power steering: Pengemudi bisa semakin lincah dengan sistem electric power steering yang meringankan setir mobil pada saat kecepatan rendah dan mantap pada kecepatan tinggi.
    • Pretensioner seatbelt: berguna untuk menjaga tubuh tetap berada pada posisinya dan dengan adanya load limited tubuh akan selalu aman tanpa mengurangi tekanan yang berlebih apabila terjadi tabrakan atau rem mendadak.
  3. Nyaman 
  4. Mobilio memiliki sistem suspensi yang baik serta mimiliki ruangan kabin yang luas membuat penumpang merasa nyaman, AC cukup bisa yang mendinginkan suhu di dalam mobil saat macet dan panas karena terdapat ac double blower, selain itu honda mobilio memiliki kabin lega cocok untuk membawa penumpang dan barang bawaan yang banyak.
  5. Efisien
  6. Honda mobilio dirancang dengan tenaga mesin berkapasitas silinder 1,5 L atau 1.500 cc. yang mampu menghasilkan tenaga mobil sampai 118 tenaga kuda. wow pasti bisa efisien waktu.
  7. Irit
  8. Selain dirancang dengan mesin yang lumayan besar. mobilio tidak termasuk mobil boros, melainkan sangat irit bahan bakar. sudah terbukti dalam hasil tes keiritan honda mobilio berhasil mencapai konsumsi BBM 1:24 (1 liter bisa menempuh jarak mencapai 24 KM)*
Selain itu dengan memakai honda mobilio biaya pajak yang lebih murah, mudah dirawat karena suku cadang banyak tersedia dan terjangkau, kapasitas tempat duduk pun lebih lega. Honda Mobilio dirasa mobil paling baik yang memenuhi standart blue bird dari sekian banyak saingan mobil MPV (Avanza, Xenia, Ertiga, Datsun go+, Livina, Spin, dll).
Mahkota Taksi Honda Mobilio
Dari beberapa keunggulan di atas. memang seharusnya honda Mobilio diberikan supremasi layaknya seperti Raja class MPV. Tapi bukan Mahkota Taksi Juga keles.... -_-" Saya jadi sedikit bangga karena memiliki mobil yang unggul dibandingkan dengan MPV lainnya. sekaligus sedih :'( karena #brandtaksi

Transformasi Honda mobilio menjadi taksi
Transformasi Honda Mobilio menjadi Taksi

Apa konsumen kecewa dengan mobilio? Mungkin semua konsumen Taksi akan merasa senang dengan Armada baru dari taksi blue bird, Akan tetapi berbanding terbalik dengan konsumen (pembeli) honda mobilio seperti saya ini. Saya selaku konsumen (pengguna) Honda mobilio sedikit kecewa dengan adanya taksi ini. karena harga jual kembali honda Mobilio RS pasti akan turun drastis. Ya mau gimana lagi sekarang citra mobilio yang dulunya mobil mewah sekarang sudah berubah menjadi mobil standar (Biasa) seiring dengan adanya taksi blue bird yang menggunakan honda mobilio sebagai armadanya. saya tidak bermaksud menjelekan merek mobil hanya sebagai perbandingan saja. Terimakasih