Tuesday 14 April 2015

Cara Perpanjang Pajak STNK Kendaraan Bermotor

Cara Perpanjang Pajak STNK Kendaraan
Cara Perpanjang Pajak STNK Kendaraan
Salam blogger, #Perpanjang Pajak STNK. Cara Perpanjang Pajak STNK Kendaraan Bermotor - Setelah saya berbagi informasi mengenai  cara membuat SIM A dan C dengan Mudah, selanjutnya saya akan membahas cara memperpanjang pajak tahunan STNK kendaraan. kebetulan kendaraan motor saya pajaknya sudah habis, dan harus mengganti plat lama dengan yang baru. untuk itu saya akan berbagi pengalaman  daftar bayar pajak perpanjang stnk dan no plat baru.

Pajak kendaraan seharusnya dilakukan tepat waktu. Agar biaya pajak yang dikeluarkan tidak terkena denda. Berdasarkan Pasal 23 UUD 1945 yang berbunyi: "Pajak dan pungutan yang bersifat untuk keperluan negara diatur dengan Undang-Undang". Jadi tunggu apalagi. YUK Bayar PAJAK.

informasi ini hanya mengutip tentang cara membayar perpanjang pajak motor dan mobil terbaru, untuk biaya pengurusan pajak 5 tahunan 2016 tergantung dari STNK kendaraan anda, semakin baru kendaraan, maka semakin besar pula pajak yang akan di tanggung pemilik motor:

Langkah-langkah atau alur memperpanjang pajak STNK Tahunan di Samsat bekasi:

1. Ambil Formulir
Silahkan anda ambil Formulir permohonan perpanjang pajak STNK di loket pendaftaran atau minta di bagian informasi (gratis)

2. Isi Formulir
apa saja syarat untuk bayar pajak motor? Berikut ini syarat membayar pajak motor. Tapi sebelumnya lengkapi formulir yang anda ambil diloket pendaftaran tadi dengan menambahkan lampiran berkas-berkas dibawah ini: (Jangan lupa bawa pulpen sendiri). 
  •  Syarat Berkas Memperpanjang pajak (STNK) kendaraan Tahunan
- KTP Asli dan Fotocopy (sesuai STNK Pemilik Kendaraan)
- STNK (surat tanda nomer kendaraan) asli
- BPKB asli
  •  Syarat Berkas Memperpanjang pajak (STNK) kendaraan 5 Tahunan
    (Mengganti plat nomer baru)
- KTP Asli dan Fotocopy (sesuai STNK Pemilik Kendaraan)
- STNK (surat tanda nomer kendaraan) asli
- BPKB asli
- Cek Fisik Kendaraan*
Loket Cek Fisik Perpanjang STNK Kendaraan Bermotor
Loket Cek Fisik Perpanjang STNK Kendaraan Bermotor
(Dokumen Pribadi)
*Syarat Cek Fisik Kendaraan:
Ambil formulir cek fisik kendaraan dengan persyaratan:
- STNK Asli + Fotokopi
- BPKB Asli + Fotokopi
- KTP Asli + Fotokopi
selanjutnya motor anda dapat segera di cek oleh pihak Samsat.
Cek Fisik Kendaraan Motorv
Cek Fisik Kendaraan Motor
(Dokumen Pribadi)
Hasil cek kendaraan bermotor
Hasil cek kendaraan bermotor
(Dokumen Pribadi)

  3. Pemeriksaan Data Formulir
Serahkan formulir yang telah anda isi lengkap beserta persyaratan berkasnya ke Loket Pemeriksaan pajak progresif.
berkas perpanjangan STNK kendaraan
Berkas perpanjangan STNK kendaraan
(Dokumen Pribadi)
4. Ambil Kembali Berkas 
Selanjutnya anda ambil kembali berkas tersebut untuk diserahkan kembali ke Loket Penyerahan berkas permohonan perpanjang Pajak STNK.

5. Penyerahan Berkas
Setelah diperiksa data formulirnya, Maka langkah berikutnya yaitu menyerahkan berkas Permohonan Perpanjangan STNK ke Loket Penyerahan berkas. tunggu beberapa saat karena nama anda akan dipanggil untuk mendapatkan kertas kecil berupa Slip pembayaran, yang isinya data syarat kelengkapan berkas.
Slip Pembayaran Pajak
Slip Pembayaran Pajak
Karcis antrian pajak
Karcis antrian pajak
(Dokumen Pribadi)

6. Bayar Pajak Ke Kasir
Jika sudah mendapatkan kertas SLIP pembayaran, anda harus menunggu panggilan kembali untuk membayar Pajak Sesuai yang tertera di STNK.
Kasir Samsat Pembayaran Pajak
Kasir Samsat Pembayaran Pajak
(Ilustrasi Kasir Pembayaran Pajak)

7. Mendapat STNK Baru dan Plat Nomor Baru*
Jika semua proses sudah dilakukan. maka anda tinggal menunggu panggilan untuk mendapatkan STNK baru dan Plat Nomer baru. kalau di samsat bekasi ada di lantai paling bawah di belakang dekat tempat cek fisik kendaraan
Tempat Pengambilan Plat Nomer  baru
Tempat Pengambilan Plat Nomer  baru
(Dokumen Pribadi)

Perpanjang Pajak STNK Motor + Plat Nomer baru
Pajak Tahunan STNK Motor + Plat Nomer baru
(Dokumen Pribadi)
* Jika memperpanjang pajak STNK 5 Tahunan

Nah itu dia Cara Memperpanjang Pajak STNK tahunan. Jika anda masyarakat yang bertanggung jawab, Maka sudah seharusnya membayar Pajak. Karena pajak merupakan salah satu pemasukan kas negara yang dilakukan dengan cara membayar iuran "pajak" berdasarkan undang-undang. Sudahkah anda membayar pajak....?

ini prosedur bayar pajak tanpa bpkb:
prosedur perpanjang stnk tanpa bpkb
prosedur perpanjang stnk tanpa bpkb (seraya)


Tags: cara mengurus pajak motor, Biaya perpanjang stnk motor bekasi, memperpanjang stnk dan plat motor berapa duit thn 2016? Ini jawabannya, Cara Bayar Pajak Di Samsat, mekanisme pembayaran pajak motor, Bayar Pajak Motor Di Kantor Samsat, Makin Gampang, syarat bayar pajak motor di samsat corner, cara perpanjang pajak motor lewat 5 tahun, prosedur bayar pajak motor, syarat ketentuan bayar pajak motor, Cara Perpanjang Pajak 5 Tahunan dan Ganti Plat Nomor di samsat, cara mengurus pajak motor mati 5 tahun, syarat perpanjang pajak stnk motor, perpanjang pajak mobil dan motor 2016, Urus sendiri perpanjangan STNK 5 Tahun, syarat pajak mobil terbaru, lebih murah. syarat membayar pajak kendaraan bermotor, Mengurus Perpanjangan STNK/PAJAK MOTOR Sendiri di samsat, cara bayar pajak stnk mobil, bayar pajak kendaraan bermotor terlambat, contoh cara membayar pajak kendaraan bermotor 2016, persyaratan membayar pajak motor, Info Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Samsat, Panduan lengkap cara memperpanjang stnk, cara mengurus pajak tahunan motor disamsat,  Langkah-langkah Membayar Pajak Tahunan Mobil Pribadi, Cara Perpanjang STNK Tahunan, Memperpanjang STNK di Gerai Samsat, cara mengambil plat nomor sepeda motor yang stnk sudah mati, Perpanjang STNK, Pajak Mati, Balik Nama & Mutasi, syarat perpanjang pajak motor, Cara membayar pajak STNK dan mengganti plat nomor di Samsat, Sekedar menegaskan, bayar pajak tahunan tidak perlu BPKB, Perpanjangan STNK, Pajak Tahunan tanpa BPKB, persyaratan memperpanjang stnk tahunan syarat memperpanjang stnk cara memperpanjang stnk tanpa bpkb memperpanjang stnk online memperpanjang stnk 5 tahunan memperpanjang stnk mobil persyaratan perpanjang stnk persyaratan perpanjang stnk motor kredit, bagaimana cara membayar pajak kendaraan bermotor, Mengurus Perpanjang STNK + cek fisik (motor), cara bayar pajak motor bekasi kredit, Cara mudah mengurus pajak STNK kendaraan, cara perpanjang stnk motor di samsat bekasi, Inilah Prosedur Memperpanjang Pajak Kendaraan Bermotor 2016, Proses dan Syarat Perpanjang Pajak STNK tahunan dan 5 tahunan,  Syarat dan Cara Perpanjang STNK, Cara Membayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor, Syarat Pajak Tahunan Sepeda Motor, Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, persyaratan memperpanjang pajak mobil, Tips Trik Perpanjang Pajak Kendaraan, Prosedur atau Cara Perpanjang Pajak STNK terbaru, biaya pengurusan perpanjangan stnk ganti nomor, mengurus perpanjangan STNK pajak kendaraan bermotor, Perpanjangan STNK, Pajak Tahunan tanpa BPKB, Bagaimana Cara Bayar Pajak / Pengesahan Kendaraan Bermotor Tahunan?, cara bayar pajak mobil yang masih kredit, Cara Perpanjangan STNK Setelah 5 Tahun, cara perpanjang surat mobil dan motor.