Monday 29 June 2015

Sekilas Tentang PT Saneng Industrial

About PT Saneng Industrial
About PT Saneng Industrial
Salam blogger, kali ini saya akan membahas tentang perusahaan, tepatnya informasi tentang PT Saneng Industrial. PT Saneng Industrial Atau lebih dikenal dengan PT SNG merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Otomotif. Perusahaan ini berkomplek di Jalan Kruing 1 Komplek Delta Silicon Blok L-5 Unit 2 Cikarang, kabupaten bekasi 17550 no tlp: (021) 28508100, (021) 89907926/29. PT Saneng Industrial termasuk salah satu perusahaan yang berstatus PMA ( Penanaman Modal Asing) karena pemiliknya berasal dari Negeri taiwan.


QC Incoming
QC Incoming
Perusahaan ini lebih ke proses Painting (proses pengecatan) kendaraan motor dan mobil, Kompertitor PT Saneng salah satunya PT Maruhachi Indonesia. karena PT ini sama-sama bergerak dalam Motor vehicle spray painting. PT Saneng Industrial telah bekerja sama dengan Perusahaan seperti PT Astra Honda Motor, Yamaha, Asahi Denso, Daihatsu, Tiger Sash, dll, PT Saneng Industrial ada 6 line pengecatan:
  • 2 Line Steel:  Painting Rim Wheel, Case Wheel atau pelg racing (CW), cover lock, Tiger Sash, Hub, Spoke, Facebosh dan lain sebagainya.
  • 3 Line Plastik: Painting body motor Cover front, Cover handle front, Front top, Body L  body R, front fender, kyoraku, dan lain sebagainya.
  • 1 Electro ID: Painting Rim Wheel, Fuel inlet, dan lain sebagainya.
Cover Front Top HONDA
Cover Front Top HONDA
Dalam proses produksi terdapat beberapa Produk NG (not good), Produk tersebut terbagi kedalam beberapa identifikasi, seperti:
  1. Gores
  2. Baret
  3. Lecet
  4. Benang
  5. Orange Peel (kulit jeruk)
  6. Kotor
  7. Minyak
  8. Meler (Meleleh)
  9. Belang (Tipis)
  10. Barry ( Material NG)
  11. Partylar
  12. dll
Karyawan PT Saneng Industrial
Pekerja Teladan
Jangan Tanya Saya yang mana -_-"
Proses Painting dari awal sampai akhir
- Suplier / Costumer
- QC Incomming (Check Min 5% Reject oke)
- Line Loading (Produk Akan di Painting)
  • Pencucian barang
  • Air Blow (Di keringkan dengan Angin)
  • Dry Oven (Pengeringan barang)
- Spray Board (Proses Painting)
- Break Oven ( Pengeringan Cat)
- Unloading (Penurunan barang)
- Check Qc
Front Fender (Spakbor) HONDA
  • Oke = Langsung Kirim
  • Compon = Cek kompon = kompon oke (kirim) / no good = Painting ulang
  • NG (No Good / Reject)(repair)
- Pengiriman Barang

PT Saneng Industrial juga menerapkan sistem 5 S dalam bekerja (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) akan tetapi yang sekarang ini sistemnya hanya dilakukan dengan metode 3 P, Pemisahan, Penyimpanan dan Pembersihan. Selain itu usaha dalam meningkatkan kualitas produk, Perusahaan ini membuat standarisasi kualitas seperti, Identifikation, Limit Sample, Metode Check, YQS (Yamaha Quality Standar, HES (Honda Engineering Standart), Feed Back Claim  & analisa Lolos Check, Tujuannya untuk mengidentifikasi kualitas agar produk yang NG (no good) tidak sampai ke Costumer.

Jika anda menggunakan motor honda (baru) khususnya honda beat, Scopy. revo cek lah di bagian dalam body motor, Jika ada coretan warna kuning seperti angka, berarti itu tanda bukti kalau proses painting motor tersebut dilakukan di PT Saneng Industrial, karena angka tersebut termasuk kode pin penanggung jawab QC.