Wednesday 7 October 2015

Pengalaman Cara Pasang Saklar dan Stop Kontak

Cara Pasang Saklar dan Stop Kontak
Cara Pasang Saklar dan Stop Kontak

Salam blogger, ada yang sudah pernah beruji nyali memasang saklar dan stop kontak? Saklar (Switch) dan Stopkontak merupakan alat listrik di rumah yang sering digunakan, Aliran listrik sebuah stopkontak berasal dari jalur arus listrik baik dari PLN maupun mesin Diesel arau Jenset. Kabel yang seharusnya dipakai adalah kabel yang beraliran listrik positif, negatif dan arde atau ground. Meski demikian pada beberapa rumah, stopkontak ini dapat juga dipasang tanpa kabel arde. akan tetapi ada baiknya kalau pasang kabel ground, karena bisa membuang aliran listrik liar dan percikan api akibat konsleting atau hubungan arus pendek. 


Buat anda yang sudah memiliki rumah  pasti sudah tidak asing lagi dengan peralatan listrik yang satu ini. Benda ini yaitu saklar dan stopkontak, tentu saklar ini sendiri harus atau wajib terpasang guna menghemat daya konsumsi listrik pada rumah anda, karena dengan fungsinya yang pasti digunakan untuk mengatur muatan litrik yang mengalir atau menyambung dan memutus aliran listrik. Saklar ini banyak modelnya. namun pada prinsipnya sama saja kegunaanya. silahkan aplikasikan sendiri cara pemasangannya.

Pasang Saklar dan Stop Kontak Broco
Saklar + Stopkontak = Saklar Stopkontak Broco
Saya akan berbagi pengalaman saya memasang Saklar dan Stop Kontak, jika dilihat sekilas, sepertinya mudah banget ya, Tapi dalam prakteknya, Perlu ketelitian dalam memasangnya, karena kalau tidak, resiko konsleting listrik pun akan terjadi -_-", Untuk lebih jelasnya silahkan diikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah yang harus kamu lakukan sebelum pasang Saklar dan Stop Kontak
  1. Berdo'a
  2. Hal yang pertama Berdo'a lah  sebelum memasang saklar, minta petunjuk supaya dimudahkan dalam memasang Saklar (^_^)"
  3. Cari informasi
  4. Carilah informasi mengenai cara pemasangan saklar dan stop kontak, seperti membaca postingan ini.
  5. Aliran Listrik dirumah anda dalam keadaan mati
  6. Buat kamu yang masih baru (pemula/newbie) memasang saklar, diusahakan listrik di rumah kamu dalam keadaan mati, karena bisa mengurangi resiko kamu kesetrum... mungkin kalau sudah ahli, tidak apa apa listrik nya hidup
  7. Siapkan Peralatan
    • Testpen dan obeng
    • Saklar + Stop kontak (saran saya pakai merk Broco)
      Saklar dan stop kontak broco
      Saklar dan stop kontak broco
    • Kabel NYM (kabel kawat tembaga) yang berukuran 1,5 atau 2,5 mm
    Langkah Pemasangan Saklar dan Stop kontak yang Rusak
    1. Buka Saklar yang Rusak
    2. Buka saklar yang dusak dengan memakai Obeng. Biasanya putaran mur pada Saklar akan membuat longgar saklar, sehingga Saklar dapat dengan mudah di lepas
      Membuka Saklar
      Membuka Saklar yang Rusak
    3. Copot kabel dari saklar
    4. Copotlah kabel yang terpasang pada saklar, INGAT !!! saat mencopot kabel, Listrik dalam keadaan mati.
      Copot kabel saklar
      Copot kabel saklar

    5. Cek arus listrik pada kabel
    6. Selanjutnya silahkan nyalakan listrik dirumah anda, cek arus listrik dengan menggunakan Testpen. Periksa, apakah saklarnya yang rusak atau sambungan kabel ada yang putus. Hati-Hati kesetrum
    7. Ketahui Muatan listrik pada kabel
    8. Setelah di periksa arus listriknya, Pastikan anda telah mengetahui kabel mana yang memiliki muatan positif, negatif atau ground.
      • Kabel warna BIRU  : negatif/netral/tidak ada setrum/nol/tidak ada arus listrik
      • Kabel warna KUNING strip HIJAU : Aarde/grounding/tidak ada arus listrik karena terhubung langsung ke bumi/tanah, biasanya hanya dipakai untuk stop kontak.
      • Kabel warna HITAM  : kabel bermuatan positif/setrum/fasa/api/memiliki aliran listrik
      Biasanya dalam pemasangan Saklar, kabel ada 3 warna yang berbeda, seperti yang telah di sebutkan di atas. Awas !!! jangan sampai salah pasang kabel, karena akan terjadi konsleting listrik.
    9. Pasang kabel ke Saklar + Stop kontak
    10. Pasang kabel yang telah di ketahui muatannya, silahkan anda matikan kembali listrik di rumah anda (supaya lebih aman) agar terhindar dari kesetrum listrik. lalu pasanglah kabel ke Saklar yang baru. Saran saya pakailah Saklar dengan merek broco karena lebih mudah (sistem lock) tidak perlu menggulung atau memutar kabel dengan baut. broco merk stop kontak /saklar terkuat dan terbaik.
      Saklar + Stop Kontak Broco
      Saklar + Stop Kontak merek Broco
    11. Cek Kembali pemasangan kabel
    12. Periksa kembali apakah pemasangan kabel sudah sesuai atau belum. Silahkan nyalakan listrik di rumah anda untuk tes dengan menggunakan testpen. untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat ilustrasinya seperti pada gambar dibawah ini:
      Cara Pasang Saklar dan stop kontak
      Gambar Cara Pasang Saklar dan stop kontak
    13. Pasang saklar ke dinding
    14. Jika semua langkah sudah selesai, silahkan pasang kembali saklar ke dinding seperti semula. Bagian stopkontak dapat difungsikan untuk tetap menyala, sedangkan switch  saklar digunakan untuk menyala dan matikan lampu. Dengan demikian, antara Saklar dan stop kontak seolah-olah masing-masing berdiri sendiri
    Sekian informasi mengenai Cara Pasang Saklar dan Stop Kontak, karena pada dasarnya memasang saklar lampu itu sangat mudah, hanya saja kita perlu berhati-hati dalam memasangnya, Jika anda sudah memahami cara memasang saklar, maka akan sangat ampuh untuk membatasi pemakaian listrik di setiap area atau ruangan, tingkat keamanan dalam mengendalikan perilaku arus listrik akan jauh lebih terjamin, Sudah menjadi kewajiban anak cowo dirumah, jika ada kerusakan atau perbaikan instalasi listrik pasti yang di suruh untuk memperbaikinya anak cowo yang paling besar. Semoga dapat membantu.

    Tags: cara memasang saklar double stop kontak cara memasang saklar dan stop kontak broco. Pengalaman Cara Pasang Saklar dan Stop Kontak, Cara Memasang Saklar tunggal dan ganda dengan benar, Cara Menghubungkan Saklar dan stopkontak, bagaimana cara menggunakan sitrun-masa satu saklar dan bohlam tiga, Cara Pasang Kabel Listrik di Stop kontak, skema sambungan kabel Unit Stopkontak + Switch (Saklar), cara menyambung kabel listrik satu saklar dua lampu, Membuat panjangan stopkontak, cara memasang instalasi saklar terminal listrik, Cara Memasang Stop Kontak Untuk Instalasi Rumah, CARA MEMASANG, MERANGKAI, MENYAMBUNG Instalasi Listrik Rumah Sendiri, Pemasangan Kabel Listrik di Stop Kontak, Skema Sambungan Antar Kabel, Cara Mengetahui Kabel Positif, Negatif, dan Ground Menghubungkan Saklar dan stopkontak, Cara Menyambung Kabel Untuk 2 Saklar 1 Stopkontak, cara menyambung kabel listrik untuk sakelar+stop kontak