Wednesday 21 January 2015

Tips Cara Memilih Ustad Dalam Kegiatan Acara

Kegiatan Acara Maulid Nabi Muhammad
Kegiatan Acara Maulid Nabi Muhammad
Salam blogger. Kegiatan Acara Maulid Nabi Muhammad - Beberapa hari yang lalu saya dan jama'ah masjid baitul muttaqin mengadakan acara peringatan maulid nabi Muhammad S.A.W. Berbagai macam persiapan sudah di lakukan oleh semua panitia, Mulai dari perkumpulan dana donatur, sampai ke fasilitas-fasilitas lainnya. Acara maulid awal mulanya berjalan lancar, akan tetapi di puncak acara, Kami bingung setengah mati, karena yang akan mengisi Tausiah Agama masih belum datang juga, dan akhirnya saya beserta panitia lainnya memilih alternatif lain, untuk mencari seseorang buat mengisi caramah agama.

Sebelumnya saya sudah pernah buat: Proposal Maulid Nabi Muhammad 1436 H

Alhamdulilah dalam hal pendanaan, kami sebagai panitia bersyukur, karena mendapatkan dana lebih  dari para donatur.
Rencana anggaran sebesar Rp 7.200.000
Hasil proposal sebesar Rp 9.200.000
Sisa saldo sebesar Rp 2.000.000
Insyaallah saldo lebih tersebut rencananya untuk membeli alat musik marawis.

Kecewa Dengan Pak Ustadz
Ustad Nur Fadillah Yusuf alias Ustad Tile
Ustad Nur Fadillah Yusuf alias Ustad Tile
Saya sedikit kecewa dengan pak ustad KH. Nur Fadillah Yusuf alias ustad Tile. Karena beliau tidak menepati janjinya. Padahal Acara Peringatan maulid sudah dimulai, namun Tidak ada satu pun kabar dari ustad Tile kalau beliau akan hadir, Kami Panitia berusaha menghubungi beliau, Namun handphone ustad Tile dibiarkan begitu saja, di telpon tidak pernah di angkat. Kepercayaan mulai luntur, saat tidak hadirnya ustad Tile yang rencananya akan tampil untuk mengisi acara ceramah agama di masjid baittul muttaqin. Ustad tile seperti kurang profesional. karena beliau tidak menghubungi kami kalau dirinya tidak bisa hadir, kami sebagai panitia sedikit kecewa. Padahal beliau yang membuat Hari/jadwal untuk tampil. dan kami sebagai panitia sudah menyiapkan Sound sistem yang bagus sebagai fasilitas yang diminta ustad Tile. uang muka atau DP sudah diberikan sebagai bukti kalau kami serius dalam mengundang ustad tile untuk mengisi acara.
Para tamu undangan di dominasi oleh kaum ibu-ibu, Karena hajat ini memang digabung oleh acara ibu-ibu dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Rawalumbu dan Pengasinan, Bekasi Timur.

Jama'ah sudah terlanjur banyak yang datang, hanya untuk mendengarkan ceramah agama ustad tile, namun ustad Tile tidak hadir ditengah-tengah acara kami. Mau tidak mau, Acara harus segera dilaksanakan. Untungnya ada pengganti ustad tile, yaitu warga kami yang pandai dalam ceramah. warga pun antusias mendengarkan ceramah agama, walaupun merasa sedikit kecewa dengan ketidak hadiran Ustad Tile.

Tips Cara Memilih Ustad untuk Mengisi kegiatan Acara Ceramah
1. Kalau bisa jangan mencari ustad yang sudah terikat kontrak dengan manajemen
karena biasanya ustad atau ustazah yang sudah terikat dengan manajemen memiliki jam terbang yang padat dan tarifnya juga lumayan besar (mahal).

2. Jangan membuat perjanjian melalui Handphone
saya sudah berpengalaman dengan beberapa ustad untuk mengisi acara ceramah, Kalau bisa jangan membuat janji melalui handphone, karena setiap manusia memiliki pandangan berbeda, biasanya  kalau kita membuat janji melalui handphone, hanya dipandang setengah-setengah atau bisa dibilang tidak serius. kalau bisa di datangi langsung kerumah ustadnya.

3. Jangan membayar uang sebelum acara dimulai
yang selalu dilakukan oleh para penceramah, biasanya  harus membayar DP atau uang muka untuk memakai jasa ustad, Sebenarnya cara tersebut mendahulukan kehendak allah.dan bisa dibilang ustad ini hanya mementingkan materi bukan untuk berdakwah. belum tentu ustadnya datang.

4. Mempunyai Kenalan Dekat dengan Ustad
Mempunyai kenalan dekat dengan ustad lebih memudahkan kita untuk menghubungi ustad. karena para ustad akan memilih hadir kalau diundang oleh teman dekatnya.

5. Pak Ustad nya harus dijemput 
Kalau bisa pak ustadnya harus dijemput atau harus ada yang mewakili/mendampingi ustad dalam perjalannya. Kalo tidak dijemput, Sesuai pengalaman pribadi takutnya ustad atau penceramahnya bisa memutuskan ketidak hadiran secara sepihak.

Buat anda yang akan mengundang ustad untuk mengisi acara di berbagai macam kegiatan, seperti hajatan pernikahan, hajatan sunatan, peringatan hari besar maulid nabi, isra mi'raj, ceramah ramadhan, dan lain sebagainya. di sarankan untuk mencoba tips diatas. Semoga tips berdasarkan pengalaman saya, bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mengundang ustad.

Catatan: manusia memiliki keterbatasan, hanya allah yang berkehendak, Barang siapa yang berbuat janji, maka tepatilah janji tersebut, Apabila janji tersebut tidak ditepati maka dia termasuk kedalam orang munafik.